Minggu, 18 Desember 2016

Perubahan Sosial dan Pendidikan



            Kecepatan perubahan sosial dalam berbagai masyarakat berbeda-beda. Perubahan dalam masyarakat yang terpencil berjalan lambat, aka tetapi bila dengan terbukanya komunikasi dan transportasi daerah itu berkenalan dengan dunia modern, maka masyarakat ini akan berkembang dengan lebih cepat.
            Ada aspek-aspek kebudayaan seperti adat-istiadat yang disampaikan turun-temurun dalam bentuk aslinya, akan tetapi banyak pula adat kebiasaan yang mengalami perubahan , terutama dalam masyarakat modern. Di samping itu terdapat perbedaan kecepatan perubahan dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat. perubahan mengenai benda-benda materiil seperti alat-alat, pakaian, hasil industry misalnya mobil, radio, arloji, dan sebagainya, sangat cepat, orang senantiasa mencari barang yang paling modern dan paling baru. Barang-barang yang “uit de mode”, yang ketinggalan zaman segera ditukar dengan yang baru. Sebaliknya terdapat hambatan dan tantangan yang keras terhadap perubahan dalam agama, adat-istiadat, nilai-nilai, norma-norma, bentuk pemerintahan, filsafat hidup dan sebagainya.
            Usaha untuk mencegah perubahan tidak selalu mudah karena sering ada hubungan antara perubahan materiil dengan perubahan kultural. Dibukanya jalan raya ke daerah terpencil, terbukanya besa bagi surat kabar, radio, TV dan film membawa perubahan dalam berbagai aspek kebudayaan. Pola hubungan antara manusia seperti pergaulan antara anak dengan orang tua, hubungan antar-seks, dan sebagainya, sering mengalami perubahan yang sukar dielakkan. Demikian pula pendidikan dan sekolah tak luput dari perubahan, karena pendidikan senantiasa berfungsi di dalam dan terhadap sistem sosial ntempat sekolah itu berada.

Referensi:
Nasution. 2014. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

1 komentar: