Sabtu, 17 Desember 2016

Pembagian Agama



Apabila kita menelaah buku-buku pada kepustakaan, baik terbitan di Barat maupun di Timur pada umumnya membagi atau mengklasifikasikan agama di seluruh dunia atas dua jenis sebagai berikut:
a)      Agama Wahyu (Revealed-religion).
b)      Agama non-Wahyu (Non Revealed-religion).
Juga ahli agama seperti Ahmad Abdullah Al-Masdoosi yang menulis dalam bukunya “Living Religions of the world” membagi agama di dunia atas agama wahyu dan agama non wahyu. Adapun pengelompokan agama itu selengkapnya adalah sebagai berikut:
a)      Agama Wahyu
Agama wahyu disebut juga “agama samawi”, karena diturunkan oleh Allah Dri samawi (langit) dengan perantaraan malaikat Jibril yang membawa wahyu Allah kepada para nabi dan rasul Allah untuk selanjutnya disampaikan kepada umat manusia sesuai dengan pertugasannya (risalah) para nabi dan rasul Allah itu mansing-masing. Jadi agama wahyu tercipta karena Wahyu Allah. Oleh karena itu, agama wahyu disebut juga:
-          Agama samawi;
-          Agama langit;
-          Agama profetis;
-          Din – as – samawi;
-          Revealed religion.
Adapun yang tergolong dalam kelompok agama wahyu itu adalah:
-          Agama Islam dengan kitab sucinya Al-Qur’an yang diturunkan Allah lewat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW, untuk rahmat manusia semesta alam (rahmatan lilalamin) secara bertahap selama 22 tahun 2 bulan 22 hari.
-          Agama Kristen (Nasrani) dengan kitab sucinya Injil yang diturunkan Allah lewat Jibril kepada Nabi Isa AS untuk kaum atau bani Israil.
-          Agama Yahudi dengan kitab sucinya Taurat yang diturunkan Allah lewat Jibril kepada Nabi Musa AS untuk kau atau bani Israil.
b)      Agama Non-Wahyu  
Agama non wahyu disebut juga “agama kebudayaan”, karena lahir dalam kebudayaan manusia itu. Secara historis agama non wahyu pada awalnya diciptakan oleh filsuf-filsuf masyarakat sebagai ahli piker dan pemimpin dari masyarakat itu atau oleh penyiarnya dari masyarakat itu. Oleh karena itu agama non wahyu itu adalah bagian daripada kebudayaan, bagian dari filsafat atau hasil pemikiran yang sedalam-dalamnya dari masyarakat itu.
Agama non wahyu disbut juga:
-          Agama budaya;
-          Agama bumi;
-          Agaja filsafat;
-          Agama ra’yu;
-          Din – at-Thabi’I;
-          Din – al-Ardhi;
-          Natural Religion;
-          Non revealed religion.
Adapun yang tergolong ke dalam kelompok agama non wahyu adalah:
-          Hinduisme;
-          Janisme;
-          Sikhisme;
-          Zoroasterianisme;
-          Confusianisme;
-          Taoisme;
-          Shintoisme;
-          Buddhisme.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar