Selasa, 27 Desember 2016

Guru Sebagai Jabatan Yang Profesional



            Meyakinkan setiap orang khususnya pada setiap guru bahwa pekerjaannya merupakan kegiatan profesional merupakan upaya pertama yang harus dilakukan dalam rangka pencapaian standar proses pendidikan sesuai dengan harapan. Mengapa demikian? Sebab banyak orang termasuk guru sendiri yang meragukan bahwa guru merupakan jabatan prefesional. Ada yang beranggapan setiap orang bisa menjadi guru. Siapa pun yang tidak memahami keguruan dapat saja dianggap sebagai guru, asal paham materi pelajaran yang akan diajarkannya.
Mengajar dianggap hanya sebagai proses penyampaian materi pelajaran, Konsep mengajar yang demikian, tuntutannya sangat sederhana, yaitu asal paham informasi yang akan diajarkan kepada siswa, maka ia dapat menjadi guru. Tetapi mengajar tidak sesederhana itu, mengajar bukan hanya sekedar menyampaikan materi pelajaran, akan tetapi suatu proses mengubah perilaku siswa sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Oleh sebab itu, dalam proses mengajar terdapat kegiatan membimbing siswa agar siswa berkembang sesuai dengan tugas-tugas perkembangannya, melatih keterampilan baik keterampilan intelektual maupun keterampilan motoriknya.
Oleh karena itu, seorang guru perlu memiliki kemampuan merancang dan mengimplementasikan berbagai strategi pembelajaran yang dianggap cocok dengan minat dan bakat serta sesuai dengan taraf perkembangan siswa termasuk di dalamnya memanfaatkan berbagai sumber dan media pembelajaran untuk menjamin efektivitas pembelajaran.
Dengan demikian seorang guru perlu memiliki kemampuan khusus, kemampuan yang tidak mungkin dimiliki oleh orang yang bukan guru. “A teacher is person charged with the responbility of helping others to learn and to behave in new different ways” (James M. Cooper, 1990). Itulah sebabnya guru adalah pekerjaan profesional yang membutuhkan kemampuan khusus hasil proses pendidikan yang dilaksanakan oleh lembaga pendidikan keguruan.
Hal ini seperti diungkapkan Greta G. Morine-Dershimer: “A professional is a person who possesses some specialized knowledge and skills, can weigh alternatives and select from among a number og potentially productive actions one that is particurally appropriate in a given situation” (James M. Cooper, 1990: 26).
Untuk meyakinkan bahwa guru sebagai pekerjaan profesioanl, marilah kita tinjau syarat-syarat atau ciri pokok dari pekerjaan profesional.
a.       Pekerjaan profesiona ditunjang oleh suatu ilmu tertentu secara mendalam yang hanya mungkin diperoleh dari lembaga-lembaga pendidikan yang sesuai, sehingga kinerjanya didasarkan kepada keilmuan yang dimilikinya yang dapat dipertanggung jwabkan secara ilmiah.
b.      Suatu profesi menekankan kepada suatu keahlian dalam bidang tertentu spesifik sesuai dengan jenis profesinya, sehingga antara profesi yang satu dengan yang lainnya dapat dipisahkan secara tegas.
c.       Tingkat kemampuan dan keahlian suatu profesi didasarkan kepada latar belakang pendidikan yang dialaminya yang diakui oleh masyarakat, sehingga semakin tinggi latar belakang pendidikan akademik sesuai dengan profesinya, semakin tinggi pula tingkat keahliannya, dengan demikian semakin tinggi pula tingkat penghargaan yang diterimanya.
d.      Suatu profesi selain dibutuhkan oleh masyarakat juga memiliki dampak terhadap sosial kemasyarakatan, sehingga masyarakat memiliki kepekaan yang sanagat tinggi terhadap setiap aspek yang ditimbulkannya dari pekerjaan profesinya itu.

Referensi:
Sanaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

1 komentar:

  1. Salam kenal dari Ruangguru!

    Saya Annisa, Content Manager Ruangguru. Ruangguru adalah pengembang teknologi pendidikan berbasis web dan aplikasi mobile terdepan di Indonesia, dengan lebih dari satu juta pengguna dan jaringan kerja sama dengan Kemendikbud, 23 Dinas Pendidikan Provinsi di Indonesia, dan mitra-mitra strategis lainnya seperti Google, LINE, dan Telkom Indonesia.

    Saat ini, kami ingin meningkatkan variasi dan kualitas konten pendidikan di Ruangguru. Tim Riset kami mememukan bahwa blog/website yang Anda kelola, yakni web http://nurkartikaaa.blogspot.co.id , menarik dan relevan untuk memperkaya konten kami, serta dapat bermanfaat bagi jutaan siswa di Indonesia. Bentuk kerjasama yang kami tawarkan yakni menjadi master teacher dan/atau melakukan content partnership dengan ruangguru. Oleh karena itu, kami ingin bekerja sama dengan Anda.

    Untuk informasi lebih lengkap mengenai kerjasama ini, Anda bisa menghubungi saya melalui email annisanino@ruangguru.com
    Terima kasih dan selamat beraktivitas!

    Salam,
    Annisa A. Novara
    Content Manager, Ruangguru

    BalasHapus