Selasa, 27 Desember 2016

Masyarakat Yang Makin Kompleks



            Sebagai pengaruh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terjadi perubahan yang luas serta mendasar dalam semua aspek masyarakat. Semua orang mempunyai harapan yang optimis bahwa kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan sendirinya akan membawa kemudahan, kemakmuran, dan kebahagiaan bagi seluruh umat manusia. Bila kemajuan itu memang digunakan demi kesejahteraan manusia, maka teknologi dengan mudah dapat menghasilkan segala sesuatu yang diperlukan oleh setiap orang bagi kebutuhan hidupnya. Sekarang telah ternyata bahwa yang menimbulkan masalah bukan kekurangan melainkan kelebihan produksi dalam berbagai macam bidang.
            Kemajuan teknologi tidak dibarengi oleh kemajuan sosial. Dalam bidang emosi, moral, sikap kasih terhadap sesame manusia, tidak mengalami kemajuan yang sejajar dengan kemajuan teknologi itu. Selain itu tiap kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menimbulkan masalah-maslaah baru yang lebih kompleks dan lebih sukar untuk diatasi.
            Perubahn-perubahan yang cepat dan menyeluruh makin mempersulit manusia untuk meramalkan atau merencanakan masa depan dunia. Kekuasaan dan kekuatan yang dilahirkan oleh teknologi modern demikian dahsyatnya sehingga bila tidak dikontrol dapat memusnahkan manusia yang menciptakannya.
            Kemajuan teknologi juga mengubah manusia itu sendiri. Industrialisasi mengakibatkan urbanisasi, melemahkan atau melenyapkan pengaruh tradisi dan adat istiadat, mengubah hubungan sosial, bahkan melenyapkan identitas manusia terutama di kota besar. Spesialisasi yang diperlukan oleh industri menghilangkan nilai manusia sebagai kepribadian yang bulat dalam menghadapi pekerjaannya karena ia hanya menjadi suatu bagian kecil dalam suatu mesin raksasa. Ia bukan lagi berkuasa atas dirinya, melainkan dikuasai oleh daya-daya di luar dirinya. Ia diukur dengan nilai uang menurut prestasinya.

1 komentar: