Minggu, 11 Desember 2016

Pengertian dan Makna Sistem Sosial Budaya Indonesia



Istilah sosial budaya merupakan bentuk gabungan dari istilah sosial dan budaya. Sosial dalam arti masyarakat, budaya atau kebudayaan dalam arti sebagai semua hasil karya, rasa dan cipta masyarakat. sosial budaya dalam arti luas mencakup segala aspek kehidupan. Karena itu, atas dasar landasan pemikiran tersebut maka pengertian sistem sosial budaya Indonesia dapat dirumuskan sebagai totalitas tata nilai, tata sosial dan tata laku manusia Indonesia yang merupakan manifestasi dari karya, rasa, dan cipta di dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Dalam hubugan ini, pengertian sistem sosial budaya mencakuo dua segi utama kehidupan manusia.
a.       Segi Kemasyarakatan
Manusia demi kelangsungan hidupnya harus mengadakan kerja samadengan sesame manusia. Pengertian kemasyarakatan hakikatnya adalah merupakan pergaulan hidup manusia dalam kehidupan bermasyarakat yang mengandung nilai-nilai kebersamaan, senasib sepenanggungan dan solidaritas yang merupakan unsur pemersatu kelompok sosial.
b.      Segi Kebudayaan
Kebudayaan merupakan totalitas cara hidup yang manifestasinya tampak di dalam tingkah laku dan hasil tingkah laku yang terlembagakan. Hakikat budaya adalah sistem nilai yang merupakan hasil hubungan manusia dengan cipta, rasa dan karsa yang menumbuhkan gagasan-gagasan utama serta merupakan kekuatan pendukung dan penggerak kehidupan. Folus budaya dapat berupa nilai dan norma religious, ekonomi, atau nilai sosial budaya lainnya, seperti ilmu pengetahuan dan teknologi.
            Kehidupan sosial budaya bangsa dan negara Indonesia merupakan kehidupan yang menyangkut aspek kemasyarakatan dan kebudayaan yang dijiwai oleh falsafah dasar Pancasila. Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila adalah nilai yang digali dari nilai-nilai luhur yang ada dalam diri bangsa Indonesia. Karena itu, titik sentral kebudayaan adalah terletak pada potensi sumber daya manusianya. Kebudayaan nasional harus memudahkan proses mempertinggi derajat dan martabat bangsa Indonesia itu.
            Sistem sosil budaya harus mampu mendukung strategi pembangunan nasional. Hal ini terasa penting bagi Indonesia, terutama bila menyadari betapa bhinnekanya masyarakat itu, yaitu suatu masyarakat yang majemuk yang hidup tersebar di seluruh tanah air, secara sosial budaya masyarakat Indonesia memang benar-benar ragam.
            Keragaman struktural ini apabila dapat dibina dengan baik, artinya dibina menurut faktor-faktor perekatnya, dengan mengacu pada kesatuan nasional akan merupakan modal dasar pembangunan nasioanal yang tangguh. Namun, apabiloa tidak mampu membinanya dan dibiarkan tumbuh tanpa arah yang menentu, artinya, tanpa sistem yang mengikatnya, maka apabila ada anasir yang destruktif dan justru mempergunaan faktor keragaman tersebut untuk mencapai tujuan-tujuan politik tertentu yang bertentangan dengan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, niscaya akan menyulut apai perpecahan sebagaimana beberapa pengalaman pahit yang pernah dialami yang sevara langsung mengganggu stabilitas politik, pertahanan, keamanan, dan pembangunan.
            Sistem sosial budaya mencerminkan hasil cipta, rasa, dan karya insane Indonesia yang dilandaskan Pancasila dan Undang-Undang 1945, yang berproses menuju terwujudnya kualitas manusia Indonesia dan kualitas masyarakat Indonesia yang maju dalam suasana tengtram dan sejahtera. Selain itu, sistem sosial budaya Indonesia berorientasi pada manusia yang menempatkannya sebagai subjek, objek dan tujuan kehidupan masyarakat dan negara. Manusia diakui sebagai pribadi yang mempunyai martabat mulia dan hak asasi yang harus dijunjung tinggi. Dengan demikia, sistem sosial budaya Indonesia memungkinkan setiap manusia mengembangkan dirinya dan mencapai kesejahteraan lahir batinnya selengkap mungkin secara merdeka sesuai dengan kata hatinya dalam kerangka pola piker dan bertindak yang berdasarkan Pancasila.


Referensi: Jacobus Ranjabar. 2014. Sistem Sosial Budaya Indonesia. Bandung: Alfabeta.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar