Meyakinkan setiap orang
khususnya pada setiap guru bahwa pekerjaannya merupakan kegiatan profesional
merupakan upaya pertama yang harus dilakukan dalam rangka pencapaian standar
proses pendidikan sesuai dengan harapan. Mengapa demikian? Sebab banyak orang
termasuk guru sendiri yang meragukan bahwa guru merupakan jabatan prefesional.
Ada yang beranggapan setiap orang bisa menjadi guru. Siapa pun yang tidak
memahami keguruan dapat saja dianggap sebagai guru, asal paham materi pelajaran
yang akan diajarkannya.
Mengajar
dianggap hanya sebagai proses penyampaian materi pelajaran, Konsep mengajar
yang demikian, tuntutannya sangat sederhana, yaitu asal paham informasi yang
akan diajarkan kepada siswa, maka ia dapat menjadi guru. Tetapi mengajar tidak
sesederhana itu, mengajar bukan hanya sekedar menyampaikan materi pelajaran,
akan tetapi suatu proses mengubah perilaku siswa sesuai dengan tujuan yang
diharapkan. Oleh sebab itu, dalam proses mengajar terdapat kegiatan membimbing
siswa agar siswa berkembang sesuai dengan tugas-tugas perkembangannya, melatih
keterampilan baik keterampilan intelektual maupun keterampilan motoriknya.
Oleh karena itu,
seorang guru perlu memiliki kemampuan merancang dan mengimplementasikan
berbagai strategi pembelajaran yang dianggap cocok dengan minat dan bakat serta
sesuai dengan taraf perkembangan siswa termasuk di dalamnya memanfaatkan
berbagai sumber dan media pembelajaran untuk menjamin efektivitas pembelajaran.
Dengan demikian
seorang guru perlu memiliki kemampuan khusus, kemampuan yang tidak mungkin
dimiliki oleh orang yang bukan guru. “A
teacher is person charged with the responbility of helping others to learn and
to behave in new different ways” (James M. Cooper, 1990). Itulah sebabnya
guru adalah pekerjaan profesional yang membutuhkan kemampuan khusus hasil
proses pendidikan yang dilaksanakan oleh lembaga pendidikan keguruan.
Hal ini seperti
diungkapkan Greta G. Morine-Dershimer: “A
professional is a person who possesses some specialized knowledge and skills,
can weigh alternatives and select from among a number og potentially productive
actions one that is particurally appropriate in a given situation” (James
M. Cooper, 1990: 26).
Untuk meyakinkan
bahwa guru sebagai pekerjaan profesioanl, marilah kita tinjau syarat-syarat
atau ciri pokok dari pekerjaan profesional.
a. Pekerjaan
profesiona ditunjang oleh suatu ilmu tertentu secara mendalam yang hanya
mungkin diperoleh dari lembaga-lembaga pendidikan yang sesuai, sehingga
kinerjanya didasarkan kepada keilmuan yang dimilikinya yang dapat dipertanggung
jwabkan secara ilmiah.
b. Suatu
profesi menekankan kepada suatu keahlian dalam bidang tertentu spesifik sesuai
dengan jenis profesinya, sehingga antara profesi yang satu dengan yang lainnya
dapat dipisahkan secara tegas.
c. Tingkat
kemampuan dan keahlian suatu profesi didasarkan kepada latar belakang
pendidikan yang dialaminya yang diakui oleh masyarakat, sehingga semakin tinggi
latar belakang pendidikan akademik sesuai dengan profesinya, semakin tinggi
pula tingkat keahliannya, dengan demikian semakin tinggi pula tingkat
penghargaan yang diterimanya.
d. Suatu
profesi selain dibutuhkan oleh masyarakat juga memiliki dampak terhadap sosial
kemasyarakatan, sehingga masyarakat memiliki kepekaan yang sanagat tinggi
terhadap setiap aspek yang ditimbulkannya dari pekerjaan profesinya itu.
Referensi:
Sanaya,
Wina. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta:
Kencana.
Salam kenal dari Ruangguru!
BalasHapusSaya Annisa, Content Manager Ruangguru. Ruangguru adalah pengembang teknologi pendidikan berbasis web dan aplikasi mobile terdepan di Indonesia, dengan lebih dari satu juta pengguna dan jaringan kerja sama dengan Kemendikbud, 23 Dinas Pendidikan Provinsi di Indonesia, dan mitra-mitra strategis lainnya seperti Google, LINE, dan Telkom Indonesia.
Saat ini, kami ingin meningkatkan variasi dan kualitas konten pendidikan di Ruangguru. Tim Riset kami mememukan bahwa blog/website yang Anda kelola, yakni web http://nurkartikaaa.blogspot.co.id , menarik dan relevan untuk memperkaya konten kami, serta dapat bermanfaat bagi jutaan siswa di Indonesia. Bentuk kerjasama yang kami tawarkan yakni menjadi master teacher dan/atau melakukan content partnership dengan ruangguru. Oleh karena itu, kami ingin bekerja sama dengan Anda.
Untuk informasi lebih lengkap mengenai kerjasama ini, Anda bisa menghubungi saya melalui email annisanino@ruangguru.com
Terima kasih dan selamat beraktivitas!
Salam,
Annisa A. Novara
Content Manager, Ruangguru